PERSEDIAAN METODE RATA-RATA / RATA-RATA TERTIMBANG (WEIGHT AVERAGE)

Persediaan Metode Rata-Rata / Metode Rata-Rata Tertimbang

Biaya rata-rata per unit dalam metode rata-rata tertimbang diperoleh dari Total biaya dari barang yang siap dijual (Total biaya persediaan awal + Total Biaya pembelian) dibagi dengan unit yang tersedia untuk dijual (unit persediaan awal + unit dari pembelian).

Agar lebih mudah dipahami kita bisa melihat rumus berikut:

Ketika pencatatan perusahaan menggunakan metode pencatatan periodik, maka biaya rata-rata per unit hanya di hitung di akhir periode saja. Ketika metode pencatatan perpetual, setiap kali dilakukan pembelian maka akan dihitung biaya rata-rata per unit yang baru.

Metode Rata-Rata Periodik
Berikut transaksi yang terjadi di CV. Ameena Raya:

Berdasarkan transaksi yang terjadi di CV. Ameena Raya pada bulan Januari 2019, hitung biaya rata-rata per unit metode periodik:

Sistem Persediaan Perpetual Rata-Rata Tertimbang / Sistem Persediaan Rata-rata Tertimbang Bergerak (Moving Weighted Average Inventory System)

Berikut transaksi yang terjadi di CV. Ameena Raya:

Berdasarkan transaksi yang terjadi di CV. Ameena Raya pada bulan Januari 2019, hitung biaya rata-rata per unit metode perpetual:

Daftar Pustaka

Kartikahadi, Hans (2020). dkk. Akuntansi Keuangan: berdasarkan SAK berbasis IFRS. Edisi ketiga buku 1. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
Jusup, A. H. (2011). Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*