JUDUL PENELITIAN

          Judul penelitian sebaiknya ringkas, padat dan berisi. Judul penelitian dapat mewakili semua isi dalam penelitian. Judul penelitian tidak perlu menunjukkan tahun periode penelitian. Judul penelitian berisi tujuan penelitian dan tempat yang diteliti.

ABSTRAK
    Berisi 3 point:
1)         Tujuan penelitian
2)        Metode penelitian
3)        Hasil Penelitian

BAB I
1.    Latar belakang penelitian yang bagus harus memiliki 2 isi
a.    Bussines gab
Bussines gab merupakan masalah penelitian yang terjadi di objek yang di teliti.  Masalah ini diambil dari variabel dependen (Y), sebagai contoh Judul penelitian: Analisis Nilai Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia, maka masalah di ambil dari Nilai Perusahaan. Contoh masalah penelitian sebagai berikut:
Masalah yang timbul dari pada tabel 1.1. bahwa selama tahun 2011-2015 nilai perusahaan farmasi mengalami penurunan sebesar 16%. Pada tahun 2012 mengalami kenaikan sebesar 21%, namun dari tahun 2012-2015 nilai perusahaan mengalami penenurun terus menerus. Rata-rata penurunan nilai perusahaan tahun 2013 sebesar 9%, tahun 2014 nilai perusahaan turun sebesar 2% dan ditahun 2015 turun kembali sebesar 21%.
Rata-rata nilai industri berkisar di angka 1, hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan saat ini dalam keadaan rata-rata dimana potensi pertumbuhan investasi tidak berkembang dan manajemen stagnan dalam mengelola aktiva. Nilai perusahaan pada tabel 1.1. apabila dilihat dari sisi masing-masing perusahaan, 50% perusahaan dengan nilai perusahaan dibawah angka 1 yaitu PT. Indofarma Tbk., Pyridam Farma Tbk., PT. Schering Plough Indonesia Tbk., dan PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk., kondisi ini menggambarkan bahwa manajemen gagal dalam mengelola aktiva perusahaan. Nilai perusahaan yang mengalami penurunan terus menerus akan memberikan sinyal negatif bagi para investor atau calon investor karena mereka akan mengalami kesulitan dalam memprediksi kondisi perusahaan yang akan datang.
b.    Research gab
Research gab atau disebut masalah penelitian adalah masalah penelitian yang terjadi saat ini, contoh dari reseach gab adalah masalah hasil penelitian antara peneliti satu dengan peneliti yang lain tidak konsisten/bertentangan sehingga perlu dilakukan pengujian lagi.
Misalnya penelitian tentang pengaruh Profitabilitas terhadap CSR. Hasil penelitian si A menunjukkan pengaruh profitabilitas yang diproksikan ROE positif signifikan, sedangkan penelitian si B menunjukkan bahwa ROE tidak memiliki pengaruh terhadap CSR. Penelitian si C menunjukkan bahwa ROE memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Dengan demikian dari hasil yang tidak konsisten maka kita dapat meneliti ulang untuk memperkuat teori.
2.    Rumusan Masalah
Rumusan masalah berisi pertanyaan berdasarkan tujuan dari penelitian. Contoh dengan judul pengaruh profitabilitas terhadap CSR.
·      Apakah profitabilitas berpengaruh terhadap CSR?
3.   Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian berisi tujuan dari rumusan masalah dalam penelitian. Contoh dengan judul pengaruh profitabilitas terhadap CSR.
·      Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap CSR.
4.   Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian merupakan manfaat yang akan diperoleh dengan dilkukannya suatu penelitian, manfaat ini bisa dari manfaat bagi peneliti, manfaat bagi pemerintah, akademisi, praktisi, atau pun bagi masyarakat luas.

BAB II
      Bab 2 terdiri dari 2 bagian yaitu:
       1)  Penelitian Terdahulu
Manfaat penelitian merupakan manfaat yang akan diperoleh dengan dilkukannya suatu penelitian, manfaat ini bisa dari manfaat bagi peneliti, manfaat bagi pemerintah, akademisi, praktisi, atau pun bagi masyarakat luas.Pada penelitian terdahulu ini biasanya ditulis dalam paragraf yang isinya antara lain nama penulis (nama penulis di dengan nama belakang diikuit tahun), judul penelitian dan hasil dari penelitian. Banyak versi dalam penulisan penelitian terdahulu. Sebagian memberikan tabel pada penelitian terdahulu, ada juga yang diletakkan pada lampiran. Semua tergantung permintaan masing-masing kampus/ masing-masing dari dosen pembimbing.
Sebagai contoh tabel penelitian terdahulu sebagai berikut;
 2)  Landasan Teori
Landasan Teori ini merupakan teori utama yang mendukung penelitian, dasar permasalah penelitian. Misalnya penelitian tentang pengaruh Corporate governance terhadap nilai perusahaan. Grand teori dalam penelitian misalnya menggunakan agency theory. Pengambilan teori keagenan didasarkan karena perbedaan kepentingan antara agent dengan principle. Terkadang mahasiswa yang baru melakukan riset akan memasukkan semua teori-teori yang berhubungan dengan penelitian, hal ini tidaklah bisa dikatakan benar tetapi mahasiswa harus memilih salah satu teori yang mendukung saja.
BAB III
Bab 3 berisi tentang metode-metode yang dilakukan siswa dalam penelitian. Metode yang dimasukkan dalam bab 3 terkait apa yang dikerjakan dalam proses analisis data. 
BAB IV
     Bab 5 berisi  poin,
1)  Deskripsi Obyek Penelitian
      Deskripsi obyek penelitian ini merupakan gambaran perusahaan misalnya sejarah  perusahaan.
  2) Deskripsi Variabel Penelitian
        Deskripsi variabel penelitian ini merupakan menjelaskan variabel-variabel penelitian baik variabel bebas atau variabel terikat dengan mendeskripsikan data hasil rekapitulasi beserta rata-ratanya. Contohnya sebagai berikut:    
           Nilai perusahaan tertinggi menunjukkan bahwa manajemen berhasil mengelola aktiva perusahaan, saham dalam kondisi over valued dan potensi pertumbuhan investasi tinggi. Nilai terendah menunjukkan bahwa manajemen gagal dalam mengelola aktiva perusahaan, saham dalam keadaan under valued dan potensi pertumbuhan investasi rendah. Berdasarkan hal tersebut maka perusahaan yang memiliki nilai perusahan tinggi yaitu PT. Merck Tbk. menunjukkan kemampuan manajemen dalam mengelola asetnya. Secara keselurahan nilai perusahaan farmasi dari tahun 2011-2015 mengalami penurunan.
  3)    Hasil Teknik Analisis Data
           Poin ini menjawab uji dari masing-masing pengajian penelitian yang sudah dijelaskan dibab 3.
  4)     Hasil Analisis Hipotesis
             Hasil analisis ini hanya sekedar menjawab hipotesis tersebut diterima atau ditolak.
  5)     Pembahasan
       Untuk poin pembahasan sudah tidak boleh lagi menggunakan angka atau hasil penelitian, misalnya positif, negatif dsb. Khusus poin pembahasan menggunakan bahasa managerial, maksudnya pembahasan seolah-olah kita menganalisis dari sisi seorang manajer. Pada poin pembahasan kita diwajibkan untuk berkiblat pada bab2, maksudnya kita kaitkan hasil penelitian dengan teori yang sudah dimasukkan pada bab 2, selain itu kita juga bisa menjelaskan bagaimana hasil penelitian ini mendukung atau bertentangan dengan penelitian terdahulu di bab 2.
BAB V
     Bab 5 merupakan kesimpulan, saran atau keterbatasan dari penelitian.
2 thoughts on “TIPS PENULISAN PENELITIAN METODE KUANTITATIF”
  1. hi kak boleh dibantu info untuk mengukur nilai perusahaan pada tabel terlampir bagaimana caranya ya kak ? saya sudah punya rumus untuk mengukur dengan tobin's Q tapi masih belum paham untuk aplikasinya. mohon advicenya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.