Pengertian ekonomi digital

Ekonomi digital adalah rangkaian kegiatan  ekonomi yang dihasilkan dari berbagai koneksi internet dalam waktu tertentu (Handayani, 2022). Dengan adanya koneksi internet kegiatan ekonomi akan berjalan lebih cepat, otomatis dan lebih efisien sehingga mengurangi biaya dan penghematan waktu yang signifikan.

Ekonomi digital ini membutuhkan teknologi digital yang serba otomatis seperti Artificial Inteilgence (AI), Big Data, Internet of things (IOT), media sosial dan lain sebagainya. Jangkauan Ekonomi digital ini cukup luas  tak hanya dibutuhkan oleh individu melainkan juga perusahaan bahkan pemerintahan.

Dampak Ekonomi Digital

Selain memperoleh keuntungan, ekonomi digital juga mendatangkan tantangan tersendiri yaitu sebagai berikut:

  • Mengancam profesi keuangan khususnya bagi mereka yang lamban untuk berubah dan melakukan inovasi dalam rangka menghadapi ekonomi digital saat ini.
  • Menggeser Sistem bisnis konvensional yang dianggap usang dan tidak sesuai dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat sekarang.
  • Lahirnya perusahaan digital yang menuntut standart laporan keuangan yang disesuaikan khususnya dalam penilaian, pengukuran, dan pengakuan komponen laporan keuangan dengan menambahkan informasi non-keuangan yang terintegrasi.

 

Daftar Pustaka

Handayani, tri wuri. Proksi:Penguatan Ekonomi Digital dan Berkelanjutan. Edisi 8. September  2022. Jakarta: Kemenkeu RI.

Ekonomi Digital: Apa itu, Pentingnya, dan 8 Skill untuk Dipelajari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *