Pengertian Wesel Tagih

Menurut Kieso, dkk (2017) Wesel tagih yang dilengkapi dengan Surat promes (promissory note) secara formal yaitu: janji tertulis untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal tertentu di masa yang akan datang. wesel tagih juga merupakan instrumen yang dapat dinegosiasikan yang ditulis dan ditandatangani oleh pembuat wesel untuk penerima pembayaran yang ditunjuk yang dapat secara sah menjual atau mengalihkan wesel tersebut ke orang lain.

wesel tagih dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
1. Wesel Berbunga

yaitu wesel yang memiliki suku bunga yang dinyatakan.

2. Wesel berbunga nol

yaitu wesel tanpa bunga dengan nilai nominal bunga sama dengan 0 (nol).

Pengakuan Wesel Tagih

Perusahaan harus mencatat dan melaporkan wesel tagih jangka panjang atas dasar diskonto. Ketika bunga tang dinyatakan dalam wesel berbunga sama dengan suku bunga efektif (pasar) akan dicatat sesuai dengan nilai moninalnya. Namun jika suku bunga yang dinyatakan dari suku bunga pasar maka dicatat sesuai dengan nilai sekarang dan mengamortisasi diskonto atau premi selama masa wesel untuk memperkirakan suku bunga efektif (pasar).

Penilaian Wesel Tagih

Perhitungan dan estimasi yang terlibat dalam penilaian jangka pendek dan dalam pencatatan beban piutang tak tertagih serta penyisihan persis sama dengan pencatatan untuk piutang sehingga perushaan sering menggunakan salah satu metode penilaian kolektif  untuk mengukur kemungkinan penurunan nilai.

untuk piutang jangka panjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *