TUGAS AUDIT PERSEDIAAN

Kenapa pemeriksaan atas persediaan di Perusahaan dagang dan industri merupakan pemeriksaan yang sulit dan memakan waktu yang banyak? Jelaskan!

Faktor-faktor yang menyebabkan pemeriksaan yang sulit dan memakan waktu yang banyak antara lain: 

  • Secara umum persediaan merupakan jenis perkiraan yang besar di dalam laporan posisi keuangan (neraca), dan sering merupakan unsur terbesar dari keseluruhan modal kerja (working capital account)
  • Persediaan berada pada lokasi yang berbeda, yang menyulitkan pengendalian secara fisik serta penghitungannya. Misalnya perusahaan melakukan penjualan dengan sistem konsinyasi sehingga persediaan yang dimiliki berada di berbagai tempat / toko. sehingga audit perlu waktu untuk melakukan konfirmasi display barang. 
  • Jenis persediaan yang beraneka ragam, misalnya ini persediaan di perusahaan manufaktur “furniture”, dari persediaan bahan baku (misalnya almunium, almunium ini juga tidak hanya satu jenis namun bisa banyak jenis dari sisi ukuran-diameternya), sperpart (kawat, las, sok, staples), jenis anyaman, accesories (cushion, kaca temper) dsb.
  • Penilaian persediaan diakibatkan stok mati yang sulit diketahui karena barangnya masih bagus namun sudah tidak bisa digunakan karena model sudah tidak tren. 
  • Penilaian atas persediaan juga selalu menyulitkan karena adanya faktor keuangan dan kebutuhan untuk mengalokasikan biaya-biaya ke dalam persediaan
  • Adanya beberapa metode penilaian persediaan yang dapat digunakan, tapi setiap klien tertentu harus menggunakan satu metode secara konsisten dari tahun ke tahun

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*