balasan FIFA

Dalam konferenso Pers yang disiarkan di chanel youtube “Sekretariat Presiden”,  Presiden RI Bapak Jokowi menyampaikan  surat dari persiden FIFA, Gianni Infantino yang merupakan tindak lanjut atas pembicaraan beliau dengan Pak Jokowi terkait  peristiwa berdarah di stadion Kanjuruhan, malang pada tanggal 1 oktober 2022.

Atas dasar Surat tersebut Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Sepakbola indonesia tidak akan mendapatkan Sanksi dari FIFA atas kejadian berdarah di stadiun Kanjuruhan di malang. Pihak FIFA akan berkantor sementara di Indonesia dan akan melakukan kerjasama dengan pemerintah untuk membentuk tim transformasi sepakbola indonesia. Tim Transformasi Sepakbola Ini terdiri dari Pemerintah Indonesia, PSSI, FIFA dan AFC akab melakukan langkah – langkah dengan poin – poin sebagai berikut:

  1. Standar keamanan Stadion
    • Meninjau secara komprejensif dan meningkatkan fasilitas di semua stadion di Indonesia Baik Stadion Nasional maupun International terkait dengan standar keselamatan yang wajib dilakukan.
    • Lebih berfokus pada pengaturan dan penempatan arus jalan dalam stadion dan melakukan pemisahan antara polisi, personil keamanan lainnya, para pengunjung atau suporter dan para pemain pada saat sebelum, selama dan setelah pertandingan.
    • Melakukan peninjauan secara lengkap dan menyeluruh serta melakukan peningkatan keaman di sekitar stadiom dan fasilitas yang harus diselesaikan,
  2. Protokol dan Prosedur Kepolisian dan kepengurusan
    • Memformulasikan Standar dan Protokol untuk pihak Polisi dan kepengurusan mengenai Pengamanan dan Manajemen Kerumunan Massal pada saat sebelum, selama dan setelah pertandingan berdasarkan Standar keamanan Internasional.
    • Akan melakukan Sosialisasi dan program pelatihan standar dan Protokol tersebut yang secara khusus disesuaikan dengan acara olahraga dalam berbagai format dan dukungan.
  3. Keterlibatan Sosial

Melakukan Sosialiasi dan mengadakan forum diskusi dengan Klub-klub sepakbola Di Indonesia untuk mendapatkan saran dan masukan. Serta mengundang Suporter yang dapat memberikan umpan balik dan pandangan hingga pada akhirnya tercapai komitmen bersama.

  1. Mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada
  2. Menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya

Berikut terjemahan lengkapnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *