Berikut ciri-ciri internal control yang baik dan efektif atas kas dan setara kas:

  1. Adanya pemisahan tugas dan tanggung jawab antara penerima dan pengeluaran kas dengan yang melakukan pencatatan, memberikan otorisasi atas pengeluaran dan penerimaan kas dan pengeluaran kas.
    Pada suatu entitas biasanya yang bertanggung jawab atau mengerjakan penerimaan dan pengeluaran kas dipegang oleh finance/keuangan, kas kecil dipegang oleh kasir yang langsung dibawah finance, selanjutnya yang melakukan pencatatan adalah accounting. selanjutnya yang melakukan otorisasi manajer fincance and accounting (FA).
  2. Pengawai yang membuat rekonsiliasi bank harus lain dari pegawai yang mengerjakan buku bank. Rekonsiliasi dibuat satu bulan sekali dan direviu oleh kepala Accounting.
  3. Kas kecil dikelola menggunakan sistem dana tetap (imprest fund system).
  4. Penerimaan kas, check dan giro harus disetor ke bank dalam jumlah seutuhnya dan paling lambat keesokan harinya kecuali.
  5. Uang kas harus disimpan ditempat yang aman misalnya cash box, brangkas atau di bank.
  6. Blanko cek dan giro harus disimpan ditempat yang aman supaya tidak disalahgunakan, selain itu harus dihindari penandatangan check tanpa bukti-bukti pendukung misalnya invoice yang sudah dilengkapi surat jalan, penerimaan barang dari gudang, faktur pajak jika ada.
  7. Sebaiknya check dan giro ditulis atas nama dan ditandatangani oleh dua orang untuk menghindari penyalahgunaan.
  8. Sebaiknya kasir diasuransikan atau diminta menyerahkan uang jaminan untuk back up seandainya terjadi kehilangan uang atau kecurangan yang dilakukan kasir.
  9. Kuitansi bernomor urut tercetak (prenumbered) 
  10. Bukti Kas Masuk (BKM), Bukti Bank Masuk (BBM), Bukti Kas Keluar (BKK), dan Bukti Bank Keluar (BBK) bernomor urut dan sesuai urutan tanggal.
  11. Bukti-bukti pendukung kas yang sudah dibayar harus distempel lunas untuk menghindari terjadinya pembayaran dua kali.
  12. Proses penyetoran bank jika dimungkinan bisa melalui pihak ketiga atau jasa Cash Management seperti PT. Swadharma Sarana Informatika, PT Tunas Artha Gardatama, G4S Indonesia

Daftar Pustaka
Agoes, S.  2018. Auditing-Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Kantor Akuntan Publik (Buku 1 ed. 5). Jakarta: Salemba Empat.

One thought on “INTERNAL KONTROL KAS & SETARA KAS”
  1. […] Untuk memeriksa apakah terdapat internal control yang baik atas kas dan setara kas serta transaksi penerimaan dan pengeluaran kas dan bank. Ketika internal control baik dan efektif maka luas pemeriksaan / pengujian substantif dapat dipersempit. Ciri-ciri internal kontrol yang baik silahkan klik link berikut: Ciri-ciri IC yang Baik […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.