Assalamualaikum sahabat corai…
Kali ini kita akan belajar kesuksesan sosok yang paling berjasa bagi penampilan kaum Pria, yaitu King Camp Gillette atau K.C.G. Beliau pelopor pisau cukur sekali pakai dengan harga yang murah, aman dan nyaman.

King Camp Gillette
Timeline King Camp Gillette

Sebelum Gillette menemukan pisau cukur pengaman, kegiatan mencukur sudah dipraktekkan sebelum abad ke-20 yang dibuktikan adanya berbagai lukisan gua yang menggambarkan kegiatan membersihkan diri dan mencukur janggut dengan kulit kerang, gigi hiu dan batu api yang ditajamkan.

Pada Abad ke-4 Sebelum Masehi (SM) pisau cukur emas dan tembaga telah ditemukan di kuburan Mesir. Selanjutnya Pisau cukur mulai diperkenalkan di Roma oleh raja legendaris Roma yang bernama Lucius Tarquinius Priscus Pada abad ke-6 SM.

Pada abad ke-18 dan ke-19 Inggris membuat Pisau cukur baja dengan gagang berornamen dan pisau berongga individual. Namun Pisau cukur tersebut memiliki prosedur yang berbahaya dan perlu pengasahan setiap pisau cukur sudah mulai tumpul. Hal ini mendorong Gillette untuk diciptakan yang lebih baik dan aman. Berikut kisah penemuan Pisau Cukur King Gillette.

Masa Kecil King Camp Gillette

King Camp Gillette  seorang sosialis Utopis yang lahir pada 5 Januari 1855 di Fond Du Lac Wisconsin, dibesarkan di Chicago, Illinois dan meninggal 9 Juli 1932 pada usia 77 tahun. Gillette merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara dengan mempunyai dua saudara perempuan. Ayahnya bernama George Walcott Gillette yang bekerja sebagai editor surat kabar mingguan Postmaster yang merupakan sosok pemikir inventif. Ibunya bernama Fanny Layra Kemp merupakan sosok ibu Rumah Tangga dengan kepribadian yang tenang, berkarakter keras dan disiplin tinggi.

Berkat ibunya, Gillette bertumbuh menjadi pribadi yang efisien dan membenci untuk membuang-buang waktu. Ibunya juga selalu mendorong Gilette dan saudari-saudarinya untuk mencari tahu dengan kedua tangannya sendiri mengenai bagaimana mereka bekerja, bagaimana mereka dapat mengembangkanya menjadi yang lebih baik dan lebih efisien. 

Masa Dewasa King Camp Gillette

Kebakaran yang menghancurkan Kota Chicago Pada bulan Oktober 1871 membuat Ayah Gillette kehilangan segalanya dan memutuskan untuk berpindah kota New York bersama keluarga, Namun Gillette yang saat itu berusia 17 tahun lebih memilih tinggal di Chicago dan menjadi pegawai di sebuah perusahaan grosir perangkat keras. Dua tahun kemudian beliau memutuskan menyusul keluarganya ke New York. Selanjutnya saat berusia 21 tahun, Gillette bekerja sebagai salesman keliling di Missouri Kota Kansas. 20 tahun kemudian Gillette menjadi selesman sukses.

Pada tahun 1890 Gillette menikah dengan Atlanta Ella Gaines yang merupakan putri seorang pengusaha minyak Ohio. Selanjutnya Gillette bekerja pada Crown Cork & Seal Company sebagai salesman untuk new england dan new york.

Munculnya ide Pisau Cukur

Mengawali rutinitas dengan mencukur jenggot dengan pisau cukur merupakan hal yang membosankan dan cukup berbahaya. Saat bekerja K.C.G. melihat tutup botol dengan segel gabus yang dijual, dibuang setelah botol dibuka. hal ini yang menjadikan inspirasi bisnis bahwa produk digunakan beberapa kali kemudian dibuang. Atas dasar inilah ide untuk pisau cukur sekali pakai muncul. Pada Tahun 1895 gillette mendapat pencerahan dengan mengganti pisau cukur dengan lembaran baja yang ujungnya tajam diletakkan pada kotak kecil yang setelah tumpul dapat dibuang.

Meskipun tidak memiliki latar belakang metalurgi, Gillette bertekad untuk mewujudkan ide ini. Dia segera mengonsep penemuan barunya dan mulai mencari ilmuwan atau insinyur untuk mengembangkannya. Kebanyakan ahli mengatakan kepadanya bahwa konsepnya untuk pisau cukur sekali pakai tidak mungkin dan tidak praktis untuk diproduksi dalam skala komersial.

Tidak terpengaruh oleh kata-kata para ilmuwan yang mengecilkan hati, Gillette terus mencari seorang ahli. Suatu hari, pada tahun 1901, ia bertemu William E. Nickerson, seorang insinyur terlatih MIT, yang setuju untuk mencoba mengembangkan pisau cukur sekali pakai dengan mengambil beberapa model. 

Kesuksesan Gillette

Gillette dan nickerson bermitra membuat pisau cukur yang aman.  Gilette berfokus pada pembentukan perusahaan dan meningkatkan modal, sedangkan Nickerson mengerjakan konsep tersebut. Gillette mendirikan Gillette Safety Razor Company pada tahun yang sama. 

Pada tahun 1903 mereka telah berhasil memulai produksi gillette safety and blade kemudian perusahaan pisau cukur gillette berkembang pesat dengan pertumbuhan penjualan yang stabil di south boston. yang diawali dengan hanya menjual 51 pisau cukur dan 168 pisau yang  melonjak menjadi 123.648 pisau cukur dan 90.884 pisau cukur pada tahun berikutnya.

King Gillette menjadi terkenal di seluruh Amerika dan luar negeri, sebagian karena fotonya ada di setiap bungkus pisau Gillette. Orang-orang menyukai pisau cukur sekali pakainya. Beberapa berkomentar bahwa mencukur menjadi lebih sederhana dan lebih cepat, dan dapat dengan mudah mengganti mata pisau setiap kali menjadi tumpul. Selama perang dunia satu pemerintah AS mengeluarkan pisau cukur gillette keselamatan untuk seluruh angkatan bersenjata. Pada akhir perang, mereka mendistribusikan sekitar 3,5 juta pisau cukur dan 32 juta pisau ke tangan militer.

Terlepas dari kesuksesan Perusahaan Gillette, King Gillette sering berdebat dengan John Joyce, pemegang saham perusahaan lainnya. Keduanya berselisih dalam banyak keputusan, seperti apakah akan memberikan hak paten kepada perusahaan di luar negeri. Gillette mengundurkan diri dari manajemen aktif pada tahun 1913 dan mengambil peran sebagai presiden perusahaan. Dia kemudian mengalihkan fokusnya untuk menulis lebih banyak buku tentang sistem ekonomi dan sosial di Amerika Serikat. Beberapa bukunya termasuk The Ballot Box (1897), The People’s Corporation (1924), dan World Corporation (1910).

Kegagalan

King C. Gillette tetap menjadi presiden perusahaan sampai tahun 1931 ketika dia secara resmi mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Pada saat itu, dia telah kehilangan sebagian besar kekayaannya karena saham Gillette turun dari $125 menjadi $18. Perusahaan juga telah mengumpulkan reputasi buruk karena melebih-lebihkan laporan keuangan. Tahun 1930-an bukanlah tahun yang glamor bagi Gillette Safety Razor Company.

Kematian King Camp Gillette

King Camp Gillette meninggal pada usia 77 tahun pada Juli 1932, setahun setelah mengundurkan diri sebagai presiden Gillette. Kematiannya mungkin karena usia tua atau kesehatan yang buruk. Istri dan putra Gillette ada di sampingnya pada saat kematiannya.

Perusahaan Pisau Cukur yang aman “Gillette” masih berdiri kokoh. Perusahaan ini memiliki pabrik di lebih dari 60 negara dan pasar di lebih dari 200 wilayah dan negara

 

Daftar Pustaka

https://www.invent.org/inductees/king-camp-gillette

https://www.britannica.com/technology/razor

One thought on “KISAH KING CAMP GILLETTE”
  1. The next time I read a blog, I hope that it doesnt disappoint me as much as this one. After all, Yes, it was my choice to read, nonetheless I truly thought youd have something interesting to say. All I hear is a bunch of whining about something you could possibly fix if you were not too busy searching for attention.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.