DEFINISI SAMPLING AUDIT

Sampling audit menurut SA 530 adalah penerapan prosedur audit terhadap kurang dari 100% unsur dalam suatu populasi audit yang relevan sedemikian rupa sehingga semua unit sampling memiliki peluang yang sama untuk dipilih untuk memberikan basis memadai bagi auditor untuk menarik kesimpulan tentang populasi secara keseluruhan.

Sampling audit (sampling) menurut Hayes dkk., (2017:413) adalah penggunaan sejumlah prosedur audit untuk komponen-komponen yang kurang dari 100 persen dalam populasi terkait relevansi audit, sehingga seluruh unit sampling memiliki peluang untuk dipilih dalam upaya memberikan landasan yang memadai bagi auditor untuk mengambil sejumlah kesimpulan mengenai seluruh populasi. Sampling audit dapat menggunakan pendekatan statistik dan nonstatistik.

Sampling audit menurut penulis adalah pengambilan sebagian (sampling) oleh auditor dari sejumlah populasi (dalam hal ini transaksi) untuk dijadikan contoh. Pengambilan sampel tersebut diharapkan dapat merepresentasikan populasi. Misalnya jumlah populasi atau transaksi untuk kas sebanyak 5000, sampel yang diambil sebanyak 350. 350 sampel tersebut harus bisa merepresentasikan atau mencerminkan dari 5000 transaksi kas tersebut. Misalnya 350 yang diambil tidak mampu merepresentasikan, berarti pengambilan sampel yang dilakukan oleh auditor bisa dikatakan kurang tepat karena kesimpulan yang dihasilkan dari mengambilan sampel tadi tidak sama atau berbeda ketika memeriksa keseluruhan transaksi.

METODE PEMILIHAN SAMPEL

Metode pemilihan sampel berdasarkan SA 530 antara lain:

  1. Pemilihan acak
  2. Pemilihan sistematik
  3. Sampling Unit Moneter (monetary unit sampling)
  4. Pemilihan sembarang (haphazard selection).
  5. Pemilihan secara blok

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Hayes, R., Wallage, P., dan Gortemaker, H. (2017). Prinsip-prinsip Pengauditan International Standards on Auditing (edisi ketiga). Jakarta: Salemba Empat

Standar Audit 530 Sampling Audit

 

 

DISCLAIMER

Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja. Jika ada materi di dalam blog ini yang mungkin ada unsur duplikasi baik berupa teks maupun gambar tanpa memuat sumber/referensi, maka silakan hubungi kami. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami mendasarkan pada materi publikasi ini secara langsung maupun tidak langsung, baik yang disebabkan oleh kelalaian atau hal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.