Surat tugas adalah surat resmi yang dibuat oleh pejabat yang berkuasa di instansi, lembaga, entitas yang berisi tentang penugasan atau penunjukkan seseorang atau tim untuk melakukan perkerjaan. Surat tugas audit adalah surat tugas yang dibuat oleh pejabat yang berkuasa baik di instasi, lembaga, entitas yang berisi mengenai penugasan tim audit untuk melakukan pemeriksaan atau audit baik itu audit laporan keuangan, audit kinerja, audit kepatuhan. Contoh untuk audit laporan keuangan dari auditor eksternal/auditor independen dalam hal ini KAP untuk pejabat yang berkuasa adalah managing partner atau partner. untuk di lingkungan perguruan tinggi adalah pimpinan Satker misalnya Rektor. Untuk di lingkungan Kementerian Agama dapat ditandangani oleh Inspektur Jenderal.

Isi surat tugas terdiri dari:

  1. Kepala Surat/Kop Surat
  2. Judul dan Nomor Surat Tugas
  3. Identitas Pejabat pemberi tugas.
  4. Identitas Pegawai/Staf penerima tugas.
  5. Isi surat tugas terdiri dari pekerjaan yang harus dilaksanakan penerima tugas, jangka waktu penugasan, dan pertanggungjawaban.
  6. Tempat dan waktu pemberian tugas.
  7. Tanda tangan pemberi tugas

Contoh Surat Tugas Audit atas Laporan Keuangan (Auditor Independen)

SURAT TUGAS
Nomor : 05/ST.ADR/II/2019

Kepada Yth.
Pimpinan/Direktur PT Ameena Raya
Di Jember

Dengan hormat,

Sesuai dengan Surat Perikatan Audit Nomor: ADR/05-SPA/II/2019 tanggal 12 Februari 2019, berikut ini nama Tim Perikatan yang akan melaksanakan Audit atas Laporan Keuangan PT Ameena Raya untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2018:

Nama dan Jabatan dalam Penugasan:

  1. Sony Nugroho, SE, Ak, CA, CPA (Partner)
  2. Antonio (Supervisor)
  3. Totot Adi N. (Ketua Tim)
  4. Ikbal Ramadhan (Anggota)
  5. Indah Ayu S. (Anggota)

Adapun Tim tersebut diatas akan melaksanakan perikatan selama 30 hari kerja yang dimulai tanggal 15 Februari hingga 28 Maret 2019.

Kami mengharapkan kerja sama dan dukungan agar pelaksanaan perikatan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

Jember, 15 Februari 2019
Hormat kami,
KAP Alya Dinansha dan Rekan

 

Alya Dinansha SE, Ak, MM, CA, CPA.
Managing Partner

 

Daftar Pustaka
Lampiran A140-Surat Tugas ATLAS

 

DISCLAIMER

Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja. Jika ada materi di dalam blog ini yang mungkin ada unsur duplikasi baik berupa teks maupun gambar tanpa memuat sumber/referensi, maka silakan hubungi kami. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami mendasarkan pada materi publikasi ini secara langsung maupun tidak langsung, baik yang disebabkan oleh kelalaian atau hal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.