Contoh Akta Pendirian CV (Commanditaire Vennootschap)
Jenis font : Download Old typewriter
Cara membuat Stempel : Tutorial Stempel Mudah dengan excel

Nomor: 200.-
“CV. AMEENA RAYA”

— Pada hari ini, Kamis, tanggal 1 (satu) Desember 2016 (duaribu enambelas).
— Dimulai pukul 15.05 WIB (Limabelas lebih lima menit_ waktu indonesia Barat.
— Menghadap kepada saya, ADI FIRMANA, Sarjana Hukum, Notaris di Jember, dengan dihadiri oleh saksi-saksi yang saya, Notaris kenal dan akan disebutkan pada akhir akta ini:

  1. Nyonya AMEENA, Sarjana Akuntansi, lahir di Jember tujuhpuluh tiga), Warga negara Indonesia wiraswasta bertempat tinggal di Jember. Kecamatan Kaliwates, Kelurahan Sempusari, Rukun Tetangga 002, Rukun warga 002 Jalan Hayam Wuruk No.23, pemegang Nomor Induk Kependudukan:350909520588001
  2. Nyonya RAYA, Sarjana Teknologi Informasi, lahir di Madiun pada tanggal 8 (delapan) Maret 1984 (seribu sembilanratus delapanpuluhempat), warga negara Indonesia. karyawan swasta bertempat tinggal di kabupaten Jember, Kecamatan Bangsalsari, Kelurahan Bangsalsari, Rukun Tetangga 004 Rukun Warga 002 jalan Rambutan, pemegang Nomor Induk Kependudukan 35781468057, satu dan lain hal berdasarkan surat keterangan, tanggal 9 (sembilan) Desember 2016 (duaribu tujubelas), Nomor 474.4/5992/436.6.7/2017, yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pendapatan Sipil Kabupaten Jember.

— Para penghadap menerangkan dengan ini telah sama   setuju dan semupakat untuk mendirikan suatu perseroan komanditer yang dijalankan dengan peraturan-peraturan atau anggaran dasar seperti berikut:

Pasal 1

— Perseroan ini berusaha dengan memakai nama_ perseroan komanditer CV. AMEENA RAYA, berkedudukan dan berkantor pusat di Jember.
jika dipandang perlu maka di tempat-tempat lain dapat dibuka cabang atau perwakilan perwakilannya.

Pasal 2 

— Maksud dan tujuan perseroan ini adalah:

  1. Menjalankan dan menyelenggarakan usaha-usaha dibidang perdagangan umum, (local interinsulair/antar pulau, ekspor dan impor) baik atas tanggungan sendiri maupun atas tanggungan pihak (orang) lain secara komisi (bertindak sebagai komisioner, laveransial, supplier, agen/perwakilan, grosir, dan distributor/penyalur atau dealer) dari segala macam barang yang dapat diperdagangkan.
  2. Menjalankan dan menyelenggarakan usaha di bidang Perindustrian dan meliputi berbagai macam industry
  3. Menjalankan dan menyelenggarakan usaha-usaha di bidang jasa, kecuali dalam bidang hukum dan pajak–

— menjalankan usaha usaha lain yang berhubungan dengan usaha-usaha tersebut diatas yang menguntungkan perseroan, asal saja tidak  bertentangan dengan atau melawan hukum, kesemuanya dengan arti kata yang seluas-luasnya.

Pasal 3 

— Perseroan ini dianggap dimulai sejak tanggal hari ini dan dilakukan untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya.
— Hanya Warga Negara Indonesia yang boleh menjadi perseroan dari perseroan komanditer ini.
— Masing-masing Persero berhak menghentikan keanggotaannya sewaktu-waktu asal saja tidak tiga_ bulan sebelumnya memberitahukan kehendaknya itu dengan tertulis kepada Persero yang lain.

Pasal 4

— Modal perseroan ini tidak ditentukan besarnya sewaktu-waktu hal itu dapat dilihat dan akan ternyata_ di buku-buku persoalan, juga hak dan sebagian masing-masing persero dalam perseroan
— Penambahan dan mengurangi modal perseroan serta_ masuknya Persero yang baru hanya dapat dilakukan atas persetujuan para Persero.
— Untuk tiap-tiap pemasukan modal, Persero yang memasukkan modal itu menerima tanda penerimaan yang ditandatangani oleh para Persero.

Pasal 5

 — Dalam perseroan ini penghadap Nyonya RAYA sarjana Teknologi Informasi masuk menjadi perseroan komanditer tanggung jawab terbatas sampai jumlah modal yang dimasukkan dalam perseroan terhadap perusahaan usaha perseroan dan akibat-akibatnya, jadi masuk menjadi Persero diam atau (Komanditer) menurut pasal 20 dari Kitab Undang-Undang Hukum Perniagaan.

Pasal 6

Perseroan Nyonya Amina sarjana akuntansi sebagai Persero pengurus dengan sebutan ‘”Direktur” berkedudukan director adalah berhak mewakili atau menunjuk wakil atau kuasa untuk mewakili perseroan baik dalam luar maupun di dalam pengadilan baik mengenal tindakan-tindakan tentang kepemilikan eigendom and fun thinking maupun mengenai tindakan-tindakan tentang pengurusan dan penentangan ini atas nama perseroan dan menghubungkan perseroan kepada pihak-pihak lain dan pihak lain kepada perseroan termasuk:

  1. melakukan pinjam meminjam uang;
  2. mempertanggungjawabkan barang-barang milik perseroan atas nama perseroan ;
  3. menjual belikan atau mengoper barang barang milik perseroan yang lazimnya tidak diperdagangkan oleh perseroan;
  4. bertindak sebagai borg/avalist pihak ketiga;

pesero pengurus harus bertindak bersama atau dengan persejuan tertulis terlebih dahulu dari pesero komanditer-

–selainnya uang oleh persero pengurus dimasukkan pula dalam perseroan, usaha, pekerjaan, tenaga waktu dan kecedasaanya, pemasukan mana yang diterima baik oleh perseroan.

Pasal 7

–Pesero komanditer berhak setiap waktu yang pantas untuk memeriksa buku – buku dan surat-surat perseroa, uang kas dan persediaan barang-barang dari perseroan, masuk dalam tempat-tempat perusahaan milik perseroan, sedangkan pesero pengurus diwajibkan memberikan bantuan kepada pesero Komanditer untuk keperluan itu.

Pasal 8

–Buku-buku perseroan ditutup pada tiap-tiap akhir tahun, untuk pertama kali pada akhir bulan Desember, tahun 2016 (duaribu enam belas).
–Dalam tiga bulan setelah tanggal penutupan buku-buku itu, pesero Pengurus berkewajiban membuat suatu neraca dan perkiraan rugi laba yang selama 30 (tigapuluh) hari setelah itu harus diletakkan diatas meja kantor atau tempat perseroan untuk diperiksa dan oleh pesero lain.
–Sebagai bukti bahwa pesero-pesero telah setuju dan mengesahkan neraca dan perkiraan rugi labat itu, mereka harus membubuhkan tanda tangan atas surat-surat tahunan itu.
— dan pengesahan itu dianggap telah diberikan bilamana dalam tempo 30 (tigapuluh) hari itu dilewatkan oleh pesero-pesero dengan tidak menandatangani neraca dan perkiraan rugi laba itu, atau oleh pesero-pesero tidak diajukan keberatan.
–Dengan pengesahan seperti tersebut diatas terhadap neraca dan perkiraan rugi laba itu berarti kepada pesero Pengurus telah diberikan pelepasan tanggung jawab (acquit en decharge) tentang pengurusan perseroan selama tahun buku yang lewat.
–Tiap-tiap tahun sekali setelah pengesahan neraca dan perkiraan rugi laba tersebut, maka ditetapkanlah tentang pembagian rugi laba, satu dan lain hal menurut ketentuan pasal 9 akta ini.

Pasal 9

–Keuntungan yang diterima dan/atau kerugian yang diderita oleh perseroan dibagi menurut perimbangan modal yang dimasukkan masing-masing pesero dalam perseroan, dengan ketentuan bahwa pesero komanditer tidak menanggung rugi lebih daripada jumlah bagiannya dalam perseroan.

 Pasal 10

–Untuk keperluan rumah tangga para pesero dapat mengambil voorschot dari keuntungan yang besarnya akan ditetapkan atas dasar persetujuan bersama dengan mengingat keuangan perseroan dan keadaan jaman

Pasal 11 

–Bilamana salah seorang pesero jatuh pailit atau ditaruh dibawah pengampunan, maka pesero itu dianggap telah keluar sebagai pesero  dari perseroan pada satu hari sebelum pesero jatuh pailit atau ditaruh dibawah pengampunan.

–Dalam hal seorang pesero keluar sebagai pesero dari perseroan seperti termaksud dalam pasal 3 atau dianggap telah keluar sebagai pesero dari perseroan seperti termaksud dalam pasal 11 ayat pertama, maka pesero-pesero yang lain berhak atas kekayaan perseroan, dan meneruskan pekerjaan perseroan dengan memakai nama perseroan dengan kewajiban untuk menanggung dan membayar:

  1. Segala hutang dan beban perseroan;
  2. Berhak bagian pesero yang keluar itu dalam tempo 6(enam) bulan terhitung mulai dari tanggal pesero keluar dari perseroan;

Satu dan lain hal menurut neraca yang dibuat menurut buku-buku perseroan yang ditutup pada hari tanggal dimana pesero yang dimaksud keluar dari perseroan.

Pasal 12 

–Jikalau seseorang pesero meninggal dunia maka perseroan ini diteruskan oleh pesero-pesero yang masih ada dengan para ahli waris dari pesero yang meninggal dunia itu dalam modal perseroan.
–Ahli waris tersebut yang sudah cukup umur, dengan persetujuan dari para pesero yang masih ada dapat masuk menjadi pesero Pengurus dengan turut serta bertanggung jawab penuh secara tanggung renteng.

Pasal 13 

–Hal-hal yang belum lengkap diatur dalam akta ini akan ditetapkan oleh para pesero dengen persetujuan bersama.

Pasal 14

–Bilamana suatu waktu perseroan dilikwidasi, maka segala sesuatu mengenai likwidasi dilakukan oleh pesero Pengurus.

Pasal 15

–Tentang hal ini dan akibat-akibatnya, para pihak memilih tempat kedudukan(domicilie) umum dan tidak berubah di Kantor Panitera Pengadilan Negeri di Jember.
–Dari segala sesuatu yang tersebut diatas ini, untuk menjadi bukti yang sah, dibuatlah akta ini. –

DEMIKIAN AKTA INI

Dibuat dan diresmikan di Jember, pada hari dan tanggal seperti tersebut diatas, dengan dihadiri oleh:

  1. SUNAR, lahir di Sukorambi, pada tanggal 10 (sepuluh) Januari 1979 (seribu sembilanratus tujuhpulu sembilan), Warga Negara Indonesia, bertempat tinggal di kota Jember, Kecamatan Sawahan, kelurahan Banyu Urip, Rukun Tetangga 002, Rukun Warga 007, Jalan Banyu Urip Wetan 1-C/24-C, Pemegang kartu tanda penduduk Nomor: 3556780017900002;–
  2. SUKMA FAJAR, lahir di Jember pada tanggal 29 (duapuluh sembilan) September 1975 (seribu sembilanratus tujuhpuluh lima), Warga Negara Indonesia, bertempat tinggal di Kabupaten Jember, Kecamatan Kaliwates, kelurahan sempusari, Rukun Tetangga 001, ruku Warga 005, Jalan Griyo WetanBlok EC Nomor 20, Pemegang Kartu Tanda Penduduk Noor: 3668906909750008;

Pada saat ini berada di Jember .
Keduanya pegawai Notaris, sebagai saksi-saksi.
Setelah akta ini saya, Notaris bacakan kepada para penghadap dan para saksi tersebut, maka segera para penghadap, saksi-saksi tersebut dan saya, Notaris menandatangani akta ini
Dilangsungkan dengan 1 (satu) penambahan, tanpa penggantian dan tanpa pencoretan.
Minuta akta ini telah ditandangani dengan sempurna

DIBERIKAN SEBAGAI TURUNAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.