A.        Pengertian Auditing Syariah

Audit syariah merupakan suatu hal yang sangat penting menyangkut kesadaran dari lembaga-lembaga Islam terhadap ketercapaian atas tujuan-tujuan syariah seperti yang termuat dalam maqasid syariah. (Kompasiana.2016)

Menurut AAOIFI audit syariah adalah pemeriksaan sejauh mana kepatuhan Lembaga Keuangan Islam, dalam semua aktivitasnya sesuai syariah. Pemeriksaan ini termasuk kontrak, perjanjian, kebijakan, produk, transaksi, memorandum dan anggaran dasar, laporan keuangan, laporan (terutama audit internal dan inspeksi bank sentral), surat edaran, dan lain-lain. (REPUBLIKA.CO.ID. 2019)

 B.        Perbedaan Auditing  Syariah dan Konvensional

 

A.        Tujuan Audit Syariah

Tujuan dari audit syariah adalah memastikan kesesuaian seluruh operasional bank dengan prinsip dan aturan syariat yang digunakan sebagai pedoman bagi manajemen dalam mengoperasikan Bank Syariah.

Tujuan audit dalam islam secara operasional yaitu:

1.       Menilai tingkat penyelesaian (progress of complteness) dari suatu tindakan

2.       Memberbaiki (koreksi) kesalahan

3.       Memberikan reward (ganjaran baik) atas keberhasilan pekerjaan

4.       Memberikan punishment (ganjaran buruk) untuk kegagalan pekerjaan

 

B.     Landasan Audit Syariah

      Salah satu landasan syariah dalam hal pengawasan tertuang dalam:

Q.S Al – Hujurat (49) ayat 6

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan, yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.”

Ayat ini memerintahkan untuk meneliti kebenaran suatu informasi terlebih dahulu supaya tidak mencelakakan orang lain. Demikian juga mengenai audit syariah untuk memastikan seluruh kegiatan Institusi kegiatan Islam mematuhi  prinsip dan aturan syari’ah secara menyeluruh.

Daftar Pustaka

 Dhea, Fina. 2020. Epistemologi adalah. https://rumusrumus.com/epistemologi-adalah/  (Diakses Tanggal 21 juni 2020)

Faris, Miftah. 2016. Audit Syariah: Basic Overview. https://www.kompasiana.com/miftah_faris /574fa6f1ed9273c806c13a22/audit-syariah-basic-overview#:~:text=Audit%20syariah%20merupakan %20suatu%20hal,yang%20termuat%20dalam%20maqasid%20syariah.&text=Prinsip%20audit%20dalam%20Islam%20berasal,%2DQur’an%20dan%20sunnah.(Diakses 2 juli 2020)

Malik S.A, Muhammad. 2019. Kompetensi san efektivitas audit syariah. https://republika.co.id /berita/q00zpk282/kompetensi-dan-efektivitas-audit-syariah (Diakses 2 juli 2020)

Rusdiana, H.A dan Aji Saptaji. 2018. Auditing syari’ah: Akuntabilitas Sistem pemeriksaan Laporan keuangan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.