A. Pengertian Statistik
Statistik adalah kumpulan data yang akan diolah untuk menghasilkan sesuatu atas tujuan tertentu.
Statistik dalam arti luas merupakan metode dan aturan-aturan untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis serta menginterpretasikan data yang pada akhirnya akan digunakan untuk pengambilan keputusan (Sujarweni, 2016).
   B. Pengertian penelitian
Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta (Wikipedia, 2017).
Penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan secara sistematis menggunakan latar belakang, teori, metodologi, serta membutuhkan data yang kemudian data tersebut dilakukan pengolahan dan dikaji untuk mengetahui apa yang sedang dihadapinya (Sujarweni, 2016).
   C. Jenis Penelitian
1.   Penelitian Kualitatif
Penelitian Kualitatif adalah dimana data yang diperoleh tidak dapat dipecahkan dengan menggunakan prosedur – prosedur statistik atau cara-cara lain dari kualitifikasi (pengukuran dengan angka) (Sujarweni, 2016). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami gejala sosial yang terjadi.
2.  Penelitian Kuantitatif
Penelitan kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur – prosedur statistik atau cara – cara lain dari  kuantifikasi (Pengukuran) (Sujarweni, 2016).
   D. Tujuan Penelitian
 Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam yaitu bersifat penemuan, pembuktian dan pengembangan.
1.  Penemuan
Tujuan penelitian yang pertama yaitu bersifat penemuan. Penemuan berarti bahwa data yang diperoleh dari penelitian tersebut merupakan data yang betul-betul baru, yang sebelumnya belum pernah diketahui.
2. Pembuktian
Tujuan penelitian yang kedua ialah pembuktian. Pembuktian berarti bahwa data yang diperoleh tersebut digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu.
3. Pengembangan
Tujuan penelitian yang terakhir adalah pengembangan. Pengembangan berarti bahwa untuk memperdalam dan mengembangkan pengetahuan yang telah ada.
   E.  Peran Statistik dalam Penelitian
1. Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi.
2. Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen.
3. Teknik – teknik untuk  menyajikan data sehingga data lebih komunikatif.
4. Alat untuk analisis data seperti menguji hipotesis penelitian yang diajukan.

Daftar Pustaka
Sujarweni, V. W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Pengertian dan tujuan penelitian (2015). http://www.pengertianpakar.com  /2015/05/pengertian-penelitian-dan-tujuan-penelitian.html diakses tanggal 13 Agustus 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.